Rabu, 10 Oktober 2012

kegiatan bisnis kewirausahaan



Kegiatan bisnis kewirausahaan

Sebagai negara sedang berkembang, Indonesia termasuk masih kekurangan wirausahawan. Hal ini dapat dipahami, kerena kondisi pendidikan di Indonesia masih belum menunjang kebutuhan pembangunan sektor ekonomi. Sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah wirausahawan. Wirausahawan itu adalah seseorang yang menciptakan suatu bisnis denagn resiko dan ketidakpastian untuk memperoleh suatu keuntungan. Dalam kariernya kewirausahawan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat dengan memberikan pilihan barang dan jasa.

Banyak orang yang lebih memilih bisnis kewirausahaan. Mereka dapat memilih bisnis apa yang akan mereka tekuni. Banyak usaha yang dapat dilakukan, dan tentunya dengan adanya resiko dan keuntunan yang tidak pasti. Tetapi banyak anak muda dan para remaja yang lebih memilih untuk berwirausaha. Biasanya kegiatan ini untuk pekerjaan sampingan yang menurut mereka dapat menghasilkan keuntungan yang baik.

Bisnis kewirausahaan dapat dijalankan melalui perdagangan/pemasaran. Perdagangan/pemasaran yang dimaksudkan bisa saja mereka lakukan dengan berbagai macam cara, misalnya seperti membuka toko, dari mulut ke mulut, memasarkan dari toko ke toko, bahkan bisa online. Semua tergantung dari jenis usaha apa yang dilakukannya. Pada jaman sekarang ini lebih banyak wirausahawan memilih jalur online untuk cara pemasarannnya. Karna lebih mudah dan tidak perlu repot untuk memberitahukannya. Biasanya untuk pembelian barangnya dilakukan pemesanan terlebih dahulu.

Dalm menjalani usaha untuk kewirausahaan, ada yang harus diperhatikan oleh beberapa wirausahawan:
1.       Berusaha untuk mengenali karakter diri sendiri
2.       Pilihlah usaha yang sesuai dengan modal yang kita miliki
3.       Banyak belajar dari orang yang sudah berpengalaman dibidangnya
4.       Melihat peluang pasar, apakah prospek ini menguntungkan atau tidak

Para wirausahawan juga harus memperhatikan usaha yang dimilikinya dapat menguntunkan dengan mengutamakan kulitas dalam usahanya, sehingga tidak mengecewakan para pelanggan yang ada. Kualitas yang dimiliki dapat memberikan keuntungan yang cukup baik untuk usahanya yang dijalankan. Biasanya para wirausahawan sudah memikirkan terlebih dahulu apa yang akan direncanakan, misalnya seperti tempat yang strategis, untung,rugi, dan produk-produkya.


Berbagai macam bisnis yang dilakukan ole para usahawan, misalnya dengan menjual kaos,sweeter, makanan, atau produk-produk lainnya. Pada dasarnya wirausahaan harus dapat memikirkan segala sesuatunya dengan baik, agar kedepannya menjadi sesuatu yang menguntungkan. Dengan adanya wirausahawan sudah cukup membantu masyarakat dan para konsumen lainnya yang membutuhkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar