Jumat, 12 Oktober 2012

kegiatan bisnis import dan kewirausahaan



Pengertian Bisnis Ekspor-Impor
Pengertian / Definisi Ekspor dan Impor Serta Kegiatannya


Kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain disebut ekspor, sedangkan kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain disebut impor, kegiatan demikian itu akan menghasilkan devisa bagi negara. Devisa merupakan masuknya uang asing kenegara kita dapat digunakan untuk membayar pembelian atas impor dan jasa dari luar negeri.
Kegiatan impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan rakyat. Produk impor merupakan barang-barang yang tidak dapat dihasilkan atau negara yang sudah dapat dihasilkan,tetapi tidak dapat mencukupi kebutuhan rakyat.

Produk Impor Indonesia             
Indonesia mengimpor barang-barang konsumsi bahan baku dan bahan penolong serta bahan modal. Barang-barang konsumsi merupakan barang-barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,seperti makanan, minuman, susu, mentega, beras, dan daging. Bahan baku dan bahan penolong merupakan barang- barang yang diperlukan untuk kegiatan industri baik sebagai bahan baku maupun bahan pendukung, seperti kertas, bahan-bahan kimia, obat-obatan dan kendaraan bermotor.
Produk impor indonesia yang berupa hasil pertanian, antara lain, beras, terigu, kacang kedelai dan buah-buahproduk impor indonesia yang berupa hasil peternakan antara lain daging dan susu.
Produk impor Indonesia yang berupa hasil pertambangan antara lan adalah minyak bumi dan gas, produk impor Indonesia yang berupa barng industri antara lain adalah barang-barang elektronik, bahan kimia, kendaraan. dalam bidang jasa indonesia mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri.
cara online,  memasarkan sendiri dengan menawarkan produk yang dijualnya, bisa juga dengan membuka toko tersendiri. Tetapi dengan semakin berkembangnya alat teknologi orang tidak perlu susah payah untuk memasarkan barang tersebut agar menjadi lebih mudah dikenal dan diminati banyak masyarakat. Dapat membantu para konsumen agar mudah untuk membelinya.
                                                    
Bagaimana cara untuk memasarkan barang import tersebut?
Banyak cara untuk melakukan pemasaran barang import tersebut, salah satunya dengan cara online. Kita dapat membuat  website tersendiri untuk melampirkan barang import apa saja yang kita jual. Biasanya kita hanya mendistribusikan barang import tersebut dengan keterbatasan barang yang sedikit. Dan biasanya ada toko khusus yang menjual barang-barang import, di mall atau outlet-outlet khusus. Misalnya barang import tersebut tas. Kita dapat menampilkan beberapa model dari tas tersebut, model, warna, kulitas maupun harganya. Biasanya kaum wanita sangat antusias melihat barang-barang yang diinginkannya. Biasanya mereka sangat berminat untuk mendapatkannya, karna biasnya barang import dianggap lebih bagus, awet, dan tidak pasaran dikalangannya.  Dibandingkan dengan produk dalam negeri, barang import lebih banyak diminati dengan jumlah yang sangat terbatas.
Sebaiknya jika kita ingin mendistribusikan barang-barang import, kita harus pintar untuk merawat dan menyimpan barang tersebut. Biasnya berbagai macam tas import terbuat dari kulit. Bagaimana cara kita untuk merawat atau menimpan barang tersebut? Dioutlet ataupun dimall selalu menjaga suhu ruangannya agar tetap sejuk, dengan menggunakan AC. Supaya kulit dari tas tersebut terjaga akan kualitasnya dan tidak mengelupas, sehingga menjadi tetap bagus dan menarik. Juga menghindarkan diri kita untuk tidak mengecewakan para konsumennya.
Hasil yang diperolahpun lebih menguntungkan karena harganya jauh lebih mahal dari yang biasanya. Kualitasnya sudah baik dan dapat memuaskan nonsumen karena barang import yang bagus, dan termasuk awet.





















Kegiatan bisnis kewirausahaan

Sebagai negara sedang berkembang, Indonesia termasuk masih kekurangan wirausahawan. Hal ini dapat dipahami, kerena kondisi pendidikan di Indonesia masih belum menunjang kebutuhan pembangunan sektor ekonomi. Sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah wirausahawan. Wirausahawan itu adalah seseorang yang menciptakan suatu bisnis denagn resiko dan ketidakpastian untuk memperoleh suatu keuntungan. Dalam kariernya kewirausahawan dapat mendukung kesejahteraan masyarakat dengan memberikan pilihan barang dan jasa.
Banyak orang yang lebih memilih bisnis kewirausahaan. Mereka dapat memilih bisnis apa yang akan mereka tekuni. Banyak usaha yang dapat dilakukan, dan tentunya dengan adanya resiko dan keuntunan yang tidak pasti. Tetapi banyak anak muda dan para remaja yang lebih memilih untuk berwirausaha. Biasanya kegiatan ini untuk pekerjaan sampingan yang menurut mereka dapat menghasilkan keuntungan yang baik.
Bisnis kewirausahaan dapat dijalankan melalui perdagangan/pemasaran. Perdagangan/pemasaran yang dimaksudkan bisa saja mereka lakukan dengan berbagai macam cara, misalnya seperti membuka toko, dari mulut ke mulut, memasarkan dari toko ke toko, bahkan bisa online. Semua tergantung dari jenis usaha apa yang dilakukannya. Pada jaman sekarang ini lebih banyak wirausahawan memilih jalur online untuk cara pemasarannnya. Karna lebih mudah dan tidak perlu repot untuk memberitahukannya. Biasanya untuk pembelian barangnya dilakukan pemesanan terlebih dahulu.
Dalm menjalani usaha untuk kewirausahaan, ada yang harus diperhatikan oleh beberapa wirausahawan:
1.       Berusaha untuk mengenali karakter diri sendiri
2.       Pilihlah usaha yang sesuai dengan modal yang kita miliki
3.       Banyak belajar dari orang yang sudah berpengalaman dibidangnya
4.       Melihat peluang pasar, apakah prospek ini menguntungkan atau tidak
Para wirausahawan juga harus memperhatikan usaha yang dimilikinya dapat menguntunkan dengan mengutamakan kulitas dalam usahanya, sehingga tidak mengecewakan para pelanggan yang ada. Kualitas yang dimiliki dapat memberikan keuntungan yang cukup baik untuk usahanya yang dijalankan. Biasanya para wirausahawan sudah memikirkan terlebih dahulu apa yang akan direncanakan, misalnya seperti tempat yang strategis, untung,rugi, dan produk-produkya.
Berbagai macam bisnis yang dilakukan ole para usahawan, misalnya dengan menjual kaos,sweeter, makanan, atau produk-produk lainnya. Pada dasarnya wirausahaan harus dapat memikirkan segala sesuatunya dengan baik, agar kedepannya menjadi sesuatu yang menguntungkan. Dengan adanya wirausahawan sudah cukup membantu masyarakat dan para konsumen lainnya yang membutuhkan. Banyak para anak muda yang membuka usaha dengan melakukan wirausaha dengan cara online. Memproduksi sendiri atau kerja sama dengan pihak-pihak lain. Mereka membuka peluang bisnis yang mereka minati dan yang banyak orang lain minati. Mereka dapat memesan secara online agar mudah untuk membelinya atau mempromosikannya. Pembeli dapat memasarkan kembali barang-barang yang dipesan tadi. Dengan cara membeli dengan jumlah yang sangat besar istilahnya borongan. Dengan cara ini kita tidak saja menjadi konsumen sejati, tetapi kita dapat menjadi wirausaha yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar