Minggu, 02 Februari 2014

Produktifitas Koperasi



Produktifitas koperasi  adalah efisiensi penggunaan sumber-sumber organisasi. Produktfiitas koperasi tersebut menggunakan sumber daya dan dana untuk memperoleh pendapatan, meraih benefit ekonomi dan sosial. Produktifitas tersebut dilihat dari perbandingan antara luaran (output) dengan masukan (input).
          Produktifitas dalam koperasi merupakan ukuran koperasi menggunakan sumber daya dan dana untuk memperoleh pendapatan. Produktifitas koperasi tersebit dapat dilihat dari pertumbuhan  koperasi, tingkat efisiensi penggunaan sumber-sumber organisasi seperti penggunaan modal. Produktifitas koperasi memberikan gambaran seberapa besar tingkat hasil  kegiatan koperasi dengan modal kerja.
          Peningkatan produktifitas membutuhkan beberapa indikator sebagai evaluas. Indikator tersebut dilihat dari aspek kelembagaan usaha koperasi, pelayanan, partisipasi anggota dan jaringan kerja yang menghasilkan evaluasi. Evaluasi tersebut mengacu pada perubahan perilaku dan kondisi keuangan koperasi. Evaluasi tersebut dapat ditentukan sistem kebijakan jangka pendek dan jangka panjang dalam koperasi.
          Pertumbuhan produktifitas koperasi ada dua yaitu pertumbuhan absolut dan pertumbuhan relatif. Pertumbuhan absolut adalah peningkatan aktual total aset, volume transaksi, modal sendiri, sisa hasil usaha dan partisipasi anggota. Pertumbuhan relatif adalah pertumbuhan aset nyata yang terjadi karena pertumbuhan aktual melampaui pertumbuhan inflasi serta penerimaan sosial yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar