Minggu, 02 Februari 2014

Persaingan Koperasi



Koperasi mempunyai persaingan dengan berbagai pesaing. Para pesaing koperasi tersebut merupakan badan usaha non-koperasi. Para pesaing koperasi tersebut adalah pasar persaingan sempurna, pasar oligopoli, dan pasar monopolistik. Persaingan koperasi mempunyai kegiatan ekonomi dalam mengadakan hubungan dengan pasar. Dalam persaingan koperasi dan paesaingnya melakukan hubungan kegiatan untuk memenuhi individu anggotanya.
          Para pesaing koperasi yaitu persaingan sempurna adalah struktur pasar yang paling banyak digunakan oleh para ahli ekonomi. Persaingan sempurna tersebut sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu perekonomian. Pada persaingan sempurna tersebut koperasi harus meningkatkan kemampuan inovatifnya dengan laju yang lebih cepat dari saingannya. Cara tersebut koperasi mempunyai keunggulan pelayanan kepada anggotanya.
          Pasar monopolistik adalah bentuk dari organisasi pasar. Organisasi pasar tersebut mempunyai satu perusahaan atau penjualan suatu produk dipasar. Pasar monopolistik tersebut mempunyai sifat lokal, regional dan nasional. Pasar monopolistik bersifat lokal yaitu KUD (koperasi unit desa) sebagai penyalur kredit usaha tani (KUT).
          Pasar oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan yang menguasai pasar.  Pada pasar oligopoli tersebut perusahaan menguasai pasar secara independent maupun diam-diam bekerja sama. Pada pasar oligopoli koperasi kebanyakan berada dipasar-pasar lokal yang berintegrasi vertikal. Pasar oligopoli tersebut mempunyai strategi yang memiliki kekuatan dalam menentukan harga produknya.  Harga produk pasar oligopoli tersebut akan semakin besar apabila produknya mengarah pada bentuk pasar monopoli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar