Minggu, 02 Februari 2014

Efek Ekonomis Koperasi



Koperasi melakukan hubungan penting dengan para anggota. Para anggota koperasi tersebut memiliki kedudukan sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi. Anggota koperasi tersebut sebagai pemilik akan mempersoalkan dana yang diserahkan. Anggota koperasi tersebut sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang jasa dan untung tidaknya pelayanan koperasi.
          Partisipasi anggota menentukan keberhasilan koperasi. Tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut yaitu besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian maupun normatif. Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Partisipasi anggota dapat dilihat dari peranannya. Peran anggota dalam koperasi begitu dominan untuk itu setiap harga yang ditetapkan koperasi harus dibedakan.
         Ditinjau dari konsep koperasi fungsi laba bagi koperasi dipengaruhi besar kecilnya partisipasi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota maka idealnya semakin tinggi manfaat yang diterima anggotanya. Faktor keberhasilan koperasi adalah partisipasi anggota yang sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi.
          Koperasi memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pesaingnya.Koperasi tersebut memiliki tingkat partisipasi yang meningkat. Meningkatkan pelayanan koperasi membutuhkan informasi-informasi dari anggota koperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar