Minggu, 15 Desember 2013

MANAJEMEN DAN PERANGKAT ORGANISASI KOPERASI



         Manajemen koperasi membahas tentang stuktur organisasi koperasi. Struktur organisasi adalah konfirgurasi peran formal sebagai prosedur, kewenangan, proses pengambilan kebijakan dan mekanisme kontrol. Struktur organisasi koperasi ini dibentuk sesuai dengan idiologi dan strategi pengembangan. Struktur organisasi tersebut dapat memperoleh Strategic Competitiveness. Strategic Competitiveness merupakan bentuk yang berbeda secara fungsional karena menyesuaikan dengan strategi yang sedang dikembangkan. Struktur organisasi dengan idiologi berkaitan dengan perangkat organisasi koperasi menunjukkan kesamaan.
       Struktur organisasi memiliki perangkat organisasi yang digunakan untuk rapat anggota, pengurus dan pengawas. Perangkat organisasi ini disebut sebagai perangkat manajemen koperasi. Perangkat organisasi koperasi Rapat Anggota (RA) merupakan forum tertinggi koperasi dihadiri oleh anggota sebagai pemilik. Perangkat organisasi koperasi pengurus adalah pemegang kuasa Rapat Anggota untuk mengelola koperasi. Perangkat organisasi koperasi pengawas dipilih oleh Rapat Anggota.
          Organisasi koperasi adalah suatu cara atau sistem hubungan kerjasama antara orang-orang yang mempunyai kepentingan dan tujuan sama. Organisasi koperasi tersebut mempunyai tujuan organisasi merupakan kumpulan dari tujuan individu anggotanya. Organisasi koperasi dibentuk dengan dua segi. Segi organisasi koperasi tersebut adalah segi internal organisasi koperasi adalah struktur organisasi meliputi unsur kelengkapan dalam organisasi dan segi eksternal  organisasi koperasi adalah hubungan dan kedudukan koperasi terhadap organisasi koperasi lainnya.

1 komentar: