Koperasi melakukan
hubungan penting dengan para anggota. Para anggota koperasi tersebut memiliki
kedudukan sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi. Anggota koperasi tersebut
sebagai pemilik akan mempersoalkan dana yang diserahkan. Anggota koperasi
tersebut sebagai pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan
barang jasa dan untung tidaknya pelayanan koperasi.
Partisipasi anggota menentukan
keberhasilan koperasi. Tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh beberapa
faktor. Faktor tersebut yaitu besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara
utilitarian maupun normatif. Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan
ekonomis. Partisipasi anggota dapat dilihat dari peranannya. Peran anggota
dalam koperasi begitu dominan untuk itu setiap harga yang ditetapkan koperasi
harus dibedakan.
Ditinjau dari konsep koperasi fungsi
laba bagi koperasi dipengaruhi besar kecilnya partisipasi anggota dengan
koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota maka idealnya semakin tinggi
manfaat yang diterima anggotanya. Faktor keberhasilan koperasi adalah
partisipasi anggota yang sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi.
Koperasi memberikan pelayanan sesuai
dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pesaingnya.Koperasi tersebut
memiliki tingkat partisipasi yang meningkat. Meningkatkan pelayanan koperasi
membutuhkan informasi-informasi dari anggota koperasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar