Marketing mix
1. Price
Price adalah
sejumlah uang yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan sebuah produk atau
jasa. Atau dapat juga diartikan sebagai nilai tukar untuk memperoleh keuntungan
dari produk atau jasa yang dibutuhkan. Harga merupakan salah satu variable
marketing mix yang bersifat fleksibel, terkadang bisa stabil dalam beberapa
waktu dengan harga tertentu namun bisa juga tiba – tiba meningkat atau turun
tajam disesuaikan degan kondisi permintaan pasar.
2. Product
Product adalah
segala sesuatu (barang atau jasa) yang ditawarkan kepada masyarakat untuk
mendapatkan perhatian, pembelian, atau dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan dan
keinginan masyarakat. Bukan hanya kualitas produk yang dibutuhkan konsumen,
namun sistem pelayanan yang diberikan dan desain produk yang menarik juga
memberikan nilai lebih pada konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi suatu
produk.
3. Place
Place merupakan
kegiatan bisnis untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih mudah
terjangkau oleh konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang tepat.
Variabel tempat juga meliputi saluran distribusi untuk menjangkau konsumen yang
tersebar luas. Sehingga beberapa perusahaan membuka kantor cabang di daerah –
daerah untuk memudahkan konsumennya.
4. Promotion
Promotion adalah
kegiatan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa pada pasar sasaran, untuk
membangun persepsi pelanggan mengenai produka atau jasa yang ditawarkan. Konsep
promosi yang biasa digunakan antara
lain advertising, public relation, sales
promotion, personal selling, serta direct marketing.
5. People
People adalah
semua orang yang terlibat dalam kegiatan memproduksi produk serta memberikan
pelayanan produk kepada konsumen. Orang yang memproduksi dan memasarkan suatu
produk juga memiliki penilaian dimata konsumen.
6. Process
Process adalah
serangkaian tindakan yang diperlukan untuk memberikan produk atau jasa dengan
pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Suatu proses bisa berisi tentang metode
atau prosedur yang diberlakukan untuk memperoleh produk yang dibutuhkan konsumen.
Proses pelayanan yang cepat, mudah dan ramah memberikan nilai lebih konsumen
terhadap suatu produk.
7. Physical
evidence
Physical evidence adalah
perangkat – perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung penampilan suatu produk,
sehingga memperlihatkan secara langsung kualitas produk serta pelayanan yang
diberikan kepada konsumen.
Bauran Pemasaran Marketing Mix Of Produk mie instan (indomie)
1.
Price
Indomie selain dapat dibeli perbungkus,
dapat juga dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40
indomie. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan
masyarakat, di Indonesia, perbungkus indomie dihargai tidak mencapai RP.1500.
2.
Product
Mie asli Indonesia yang diproduksi oleh
indofood ini merupakan salah satu dari sedikit produk Indonesia yang mampu
menembus pasar Internasional. Di Indonesia sebutan “indomie” sudah umum
digunakan sebagai istilah yang merujuk pada
mie instan. Produk mie instan ini sangat digemari oleh masyarakat karena
harganya ekonomis dan citarasa yang telah disesuaikan dengan selera masyarakat
Indonesia. Intinya mie ini sangat Indonesia. Mulai dari aroma, rasa asin,
manis, gurih, semuanya sangat pas dilidah orang Indonesia. Kecapnya yang kental
dan manis itu tidak ada tandingannya. Indomie pun berusaha untuk memenuhi
kebutuhan konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin banyaknya
variasi dari produk indomie, seperti mie goreng, mie rebus, mie jumbo, mie
regional ( mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan tradisional daerah Indonesia.
Perusahaan pembuat mie instan ini mengklaim
bahwa mie tersebut termasuk makanan sehat dan bergizi. Mie itu disebut memiliki
kandungan gizi, seperti protein, energi, asam folat, mineral besi, natrium,dan
berbagai vitamin.
Saat diluar negeri pun ternyata Indomie itu
merupakan perbekalan yang harus wajib dibawa. Bukan karena kepraktisannya saja,
melainkan untuk mengobati rasa rindu kepada tanah air Indonesia.
3.
Place
Group Distribusi Indofood memiliki jaringan
distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut
kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak
tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai
suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki
outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang
dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin.
Setiap daerah mempunyai pusat perbelanjaan yang didalamnya terdapat produk
indomie, atau diperumahan biasanya di warung-warung banyak juga dijual. Di Yogyakarta pun agen-agen Indofood juga bekerjasama dalam
menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo (warung yang menyediakan
bubur kacang hijau dan mie instan/mie goreng sebagai menu utama).
4.
Promotion
Promosi yang dilakukan oleh pihak
indofood untuk memperkenalkan indomie kepada masyarakat adalah melalui iklan di
media cetak maupun elektronik. Iklan
dimedia cetak maupun media televisi tidak pernah berkurang. Oleh karena itu
indomie (mie instan) sudah melekat pada diri masyarakat luas. Selain itu
indofood sering menjadi sponsor diberbagai macam kegiatan. Semua produk
dipamerkan dan dipajang di acara kegiatan tersebut. Hal tersebut mau tidak mau
dilakukan oleh pihak indofood karena memang merupakan permintaan yang luar
biasa. Apalagi saat terjadi bencana alam, baik itu gempa bumi, banjir, atau
tanah longsor, produk indofood berupa mie instan itu akan menjadi makanan
favorit yang paling mudah didapat terutama pada masa tanggap darurat. Makanan
ini bukan hanya dinikmati oleh para korban, para relawan pun akan memakan mie
instan yang sama.
5.
People
Dalam produknya indomie, para produksinya
juga memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Sehingga dimata
konsumen, indomie merupakan makanan instan yang enak, ekonomis, dan mempunyai
cita rasa yang baik buat orang Indonesia. Bukan hanya orang-orang dari dalam
produksinya. Tetapi sudah banyak produsen yang menjual dan memasarkannya,
seperti agen-agen, atau toko-toko besar. Bukan hanya toko atau agen saja tetapi
beberapa warung kecil juga memasarkannya. Peleyanan yang diberikan oleh pihak
indofood tentunya sangat baik, sehingga masyarakat sangat akrab dengan produk
makanan ini.
6.
Process
Produk atau jasa yang telah diberikan oleh
pihak indofood sangat baik sehingga terbuka oleh setiap masyarakat. Pihak indofood
secara turun tangan untuk memperkenalkan indomie kedalam masyarakat luas
sehingga menjadi makanan yang baik. Baik secara produk, pelayanan yang
diberikan dapat diselesaikan dengan baik. Pihak indofood memproduksi lebih dari
ratusan, bahkan ribuan untuk memproduksi indomie, sehingga kebutuhan konsumen
dapat terpenuhi, dan mudah untuk mendapatkannya karena telah tersebar keseluruh
indonesia. Oleh sebab itu, indofood memberikan pelayanan, dan mengetahui selera
masyarakat terhadap indomie. Processnya dapat dilakukan dengan melakukan promo,
dan menjadikannya sponsor dalam suatu kegiatan atau organisasi.
7.
Phyical
evidence
Perangkat yang dipergunakan oleh pihak
indofood untuk memperkenalkan indomie secara luas bisa dilihat dari bentuk
kemasan yang mempunyai daya tarik bagi para konsumennya, karena terlihat sangat
menarik dan membuat konsumen ingin mencobanya. Kualitasnya sangat baik, dikemas
secara baik, ditata dalam dus sehingga pihak indofood secara tidak langsung
memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen.
.
Sy membutuhkan indomie goreng 2500 kotak/hari untuk daerah bekasi. Harga bersaing. Hub. 081270951093, 081275754362
BalasHapus