Nama Kelompok 3 (Guru)
1.Ade Agus K (20212118) 7. Maharaja Laila (2A212071)
2. Aristya Grace N (21212154) 8.
Rendi Winarta (2B215033)
3. Dewi Komalasari (21212952) 9.
Efinawawi A (2B215088)
4. Earlyna R (11112348)
Pertanyaan kelompok 1
Berikan contoh “apa yang
benar dan baik serta apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional
akuntan maupun guru’. Berdasarkan Kelompok anda!
Jawab:
Yang benar dan baik bagi profesional akuntan maupun guru:
Ø Akuntan
Ø memiliki komitmen moral yang tinggi yang biasanya
dituangkan dalam bentuk aturan khusus yang menjadi pegangan bagi setiap orang
yang mengembangkan profesi yang bersangkutan.
Ø setiap anggota harus senantiasa menggunakan
pertimbangan moral dan profesional dalam semua kegiatan yang dilakukannya.
Ø bertanggungjawab untuk bekerja sama dengan sesama
anggota untuk mengembangkan profesi akuntansi, memelihara kepercayaan
masyarakat dan menjalankan tanggung jawab profesi dalam mengatur dirinya
sendiri.
Ø Guru
Ø mendidik, mengasuh, membimbing,
dan membentuk kepribadian siswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya
manusia (SDM).
Ø membantu perkembangan
peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal dengan
segala kemampuannya dan daya upayanya mempersiapkan pembelajaran bagi peserta
didiknya.
Yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional akuntan maupun guru
Ø Akuntan
Ø dapat memanipulasi
laporan keuangan
Ø tidak profesional dalam
memberikan jasanya terhadap pengguna jasa akuntan.
Ø tidak bertanggung jawab
dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya yang harus dilakukan demi menjaga
kepercayaannya terhadap cliennya.
Ø Guru
Ø guru bertindak semaunya
dalam memberikan pelajaran dan tugas.
Ø guru tidak memperdulikan
muridnya yang mengerti dalam pelajaran.
Pertanyaan Kelompok 2
Seorang Guru Akuntansi
disekolah mengikuti kode etik guru apa kode etik akuntan?
Jawab:
Guru akuntansi di sekolah termasuk ke dalam profei
akuntansi pendidik yang mana akuntan pendidik memiliki tugas utama mengajarkan
dan mengembangkan akuntansi misalnya dosen dan
guru mata pelajaran akuntansi. Untuk mendapatkan gelar akuntan, maka sarjana
ekonomi jurusan akuntansi harus menempuh program pendidikan profesi akuntansi
(PPAk).
Namun dalam hal ini seorang guru akuntansi disekolah
memiliki sertifikat pendidikan. Jadi, guru akuntansi harus mengikuti kode etik
guru yang berlaku yang mana profesi yang mempersiapkan sumber daya manusia
untuk menyongsong pembangunan bangsa dalam mengisi kemerdekaan bukan berkewajiban
untuk senantiasa bertindak dalam kerangka pelayanan kepada publik, menghormati
kepercayaan publik, dan menunjukan komitmen atas profesionalisme.
Pertanyaan Kelompok 4
Apa yang dimaksud dengan
Kompetensi Pedagogik?
Jawab:
Pengertian Kompetensi
pedagogik dalam Standar Nasional Pendidikan seperti yang dikutip oleh Mukhlis
(2009: 75) adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi
pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran,
evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi yang dimilikinya.
Kompetensi Pedagogik
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari empat kompetensi utama yang harus
dimiliki seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan
profesional. Kompetensi Pedagogik yaitu kemampuan seorang guru dalam mengelola
proses pembelajaran peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar